Apa itu Riset Pasar dalam Digital Marketing ?


Apa itu Riset Pasar dalam Digital Marketing ? – Apa itu riset pasar dalam Digital Marketing ? Dan seberapa penting riset pasar dilakukan? Riset pasar mengacu pada proses di mana perusahaan dapat menentukan kelayakan produk baru. Kelayakan produk ini biasanya dengan melakukan peningkatan pada beberapa produk yang ada dengan riset pasar maka anda akan mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dari produk yang anda punya.


Dimana mereka dapat mengumpulkan umpan balik tentang tingkat minat pelanggan potensial pada produk. Ini dapat digunakan dalam tahap pengembangan produk untuk menyesuaikan produk atau bahkan dalam tahap pemasaran saat merancang kegiatan promosi khusus segmen. Lalu, bagaimana riset pasar dilakukan?

Biasanya, riset pasar dilakukan oleh perusahaan secara internal, yang berarti bahwa perusahaan yang menawarkan produk mengumpulkan dan menganalisis data. Perusahaan lain dapat mengalihdayakan proses riset pasar ke perusahaan pihak ketiga. Riset pasar dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti survei, kelompok fokus , pengujian produk, dll.

Terkadang, subjek uji (pelanggan potensial) dapat diberi kompensasi dengan sampel produk atau gaji kecil. Metode pengumpulan data telah berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Sebelumnya, perusahaan akan mewawancarai orang-orang di jalan dan mengumpulkan umpan balik tentang iklan mereka di publikasi.

Menjelang 1980-an, pengumpulan data semakin banyak dilakukan dalam mode telepon, yang menyebabkan peningkatan drastis dalam model riset pasar. Operator dapat mengatur kelompok fokus atau mengumpulkan informasi melalui panggilan dingin secara terorganisir. Sejak awal dari 21 st abad, riset pasar telah bergeser secara online. Orang-orang sekarang dapat mendaftar untuk survei, mengisi formulir umpan balik, atau memberi peringkat pada aplikasi.

Read this Selling Tips on Selling Instagram for Beginners

Mengapa Riset Pasar Dilakukan?

Untuk setiap perusahaan yang bertujuan untuk meluncurkan produk baru, penting untuk memastikan pandangan audiens target tentang fitur produk yang berbeda, tidak hanya untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan sesuai dengan selera basis konsumennya tetapi juga untuk menentukan permintaan potensial. Peramalan permintaan sangat penting sebelum memulai produksi suatu produk.

Selain itu, pengumpulan informasi penting untuk mensegmentasi pasar dan membedakan produk. Nantinya dapat digunakan untuk menyesuaikan upaya iklan dan fokus pada fitur yang paling mungkin diprioritaskan konsumen saat membuat keputusan pembelian. Untuk menyelesaikan proses riset pasar secara komprehensif, perusahaan harus terlibat dalam berbagai tugas.

Contohnya seperti mengumpulkan informasi tentang sektor pasar. Data yang dikumpulkan harus dianalisis untuk mengungkapkan pola atau tren atau untuk fokus pada titik data yang paling relevan. Selain itu, bagaimana riset pasar bekerja? Kombinasi data primer dan sekunder membentuk kumpulan informasi yang digunakan dalam riset pasar.

Informasi Primer dan Sekunder

Pertama adalah dengan informasi utama. Infromasi utama atau biasa disebut informasi primer adalah data yang dikumpulkan oleh perusahaan atau perusahaan pihak ketiga. Jenis informasi ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian eksplorasi dan penelitian khusus. Penelitian eksplorasi, ini mengikuti metode tipe kuesioner dimana pertanyaan terbuka ditanyakan dari audiens target dengan cara yang terstruktur secara longgar.

 Read this 4 Reasons for the Importance of Digital Branding for Your Online Business

Ini mengarah pada masalah dan masalah dari sudut pandang konsumen yang dibawa ke pemberitahuan perusahaan. Perusahaan harus mengatasi masalah sebelum meluncurkan produk. Penelitian khusus, hal ini bertujuan untuk menemukan jawaban atas isu-isu yang diidentifikasi selama proses melakukan penelitian eksplorasi.

Selanjutnya juga ada informasi sekunder dimana informasi sekunder adalah data yang sudah tersedia untuk umum. Ini dapat mencakup data yang dikumpulkan pemerintah seperti sensus , laporan asosiasi perdagangan, dll. Data yang dikumpulkan oleh bisnis lain yang beroperasi di sektor yang sama juga dapat digunakan.  

0 Response to " Apa itu Riset Pasar dalam Digital Marketing ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel